Manajemen Operasi adalah salah satu fungsi utama perusahaan yang nilai investasinya paling besar. Manajemen Operasi adalah serangkaian kegiatan yang membuat barang atau jasa melalui proses transformasi dari input menjadi output. Fungsi operasi merupakan bidang manajemen yang menarik yang mempunyai pengaruh besar pada mutu hidup kita semua. Di sini disajikan pembahasan dan contoh perusahaan manufaktur maupun jasa, dengan menekankan secara khusus pada sektor jasa karena tiga per empat dari seluruh pekerjaan yang ada masuk ke dalam kategori pelayanan jasa. Manajemen Operasi akan membahas topik-topik yang terkait proses transformasi dari input-input sumberdaya menjadi output produk yang berupa barang maupun jasa. Proses transformasi tersebut dimulai dari pengadaan bahan baku, desain produk, manufaktur, pengiriman barang jadi, serta layanan purna jual. Topik-topik yang akan dibahas tidak terlepas dari proses transformasi tersbut, misalnya peramalan, manajemen kualitas, desain produk dan jasa, desain proses dan kapasitas, strategi lokasi, strategi tata letak, orang dan sistem kerja, manajemen persediaan, manajemen rantai pasokan, Just-in Time, penjadwalan, manajemen proyek, serta pemeliharaan. Manajemen operasi ting pekerjaan selesai. Makanan yang Anda makan, film yang Anda tonton, toko tempat Anda berbelanja, dan buku yang Anda baca disediakan untuk Anda oleh orang-orang yang beroperasi. Operasi mengatur, mengoperasikan, dan meningkatkan sistem produktif—sistem untuk pengambil dapat ditemukan di bank, rumah sakit, pabrik, dan pemerintah. Mereka merancang sistem, memastikan kualitas, menghasilkan produk, dan memberikan layanan. Mereka bekerja dengan pelanggan dan pemasok, teknologi terbaru, dan mitra global. Mereka memecahkan masalah, merekayasa ulang proses, berinovasi, dan mengintegrasikan. Operasi lebih dari sekadar perencanaan dan pengendalian; itu sedang dilakukan. Baik itu kualitas unggul, kecepatan-ke-pasar, kustomisasi, atau biaya rendah, keunggulan dalam operasi sangat penting untuk keberhasilan perusahaan. Operasi sering didefinisikan sebagai proses transformasi. Seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1.1, input (seperti material, mesin, tenaga kerja, manajemen, dan modal) diubah menjadi output (barang dan jasa). Persyaratan dan umpan balik dari pelanggan digunakan untuk menyesuaikan faktor-faktor dalam proses transformasi, yang pada gilirannya dapat mengubah input. Dalam manajemen operasi, kami mencoba untuk memastikan bahwa proses transformasi dilakukan secara efisien dan output bernilai lebih besar daripada jumlah input. Dengan demikian, peran operasi adalah untuk menciptakan nilai. Proses transformasi itu sendiri dapat dilihat sebagai serangkaian kegiatan sepanjang rantai nilai yang membentang dari pemasok ke pelanggan. Proses input-transformasi-output adalah karakteristik dari berbagai macam sistem operasi. Di pabrik mobil, baja lembaran dibentuk menjadi berbagai bentuk, dicat dan selesai, dan kemudian dirakit dengan ribuan bagian komponen untuk menghasilkan mobil yang berfungsi. Di pabrik aluminium, berbagai tingkat bauksit dicampur, dipanaskan, dan dicor menjadi ingot dengan ukuran berbeda. Di rumah sakit, pasien dibantu untuk menjadi individu yang lebih sehat melalui perawatan khusus, makanan, obat-obatan, praktikum, dan prosedur pembedahan. Jelas, “operasi” dapat mengambil berbagai bentuk.
BAHAN KULIAH:
Bab 01 Operasi dan Produktivitas
Bab 02 Lingkungan Global dan Strategi Operasi
Bab 06 Manajemen Kualitas dan Standar Internasional
Bab 10 SDM. Desain Pekerjaan. dan Pengukuran Kerja
Bab 11 Manajemen Rantai Pasokan
Bab 14 Perencanaan Kebutuhan Material (MRP = Material Requirement Planning)
Bab 15 Penjadwalan Jangka Pendek
NIM : C0A019050
NAMA : MUHAMMAD ABRILIA OKTA
NIM : C0A019009
NAMA : M.Rizqy Usamah
Nama : Cita Nurhanipah
NIM : C0A019016
Prodi : D3- Adm.Bisnis
NIM: C0A017045
NAMA: EGIDIASMORO GEANARI ALFANKA
NIM : C0A019036
NAMA : MUHAMMAD FARROS J U
C0A019026
Devi Septiana
NAMA : GALUH PRADASARI PUSPITA AJI
NIM : C0A019027
NAMA : KHOFIFAH PERMATA SARI
NIM : C0A017063
Nama : Aprilia Ika Setyawati
Nim : C0A017055
NIM:C0A019014
NAMA: RAMADHAN ANNAFI
Erik Fakhrudin C0A019048
Muhammad Iqbal Fadhil Satriaji
C0A019037
NIM : C0A019001
Nama : Ridha Nur Assyifa
NIM : C0A019035
NAMA: KARISMA PRIMA JOHAN
EMAIL: primajuno19@gmail.com
KELAS: D-3 ADM KEUANGAN
NAMA : KEVI AZILAH WULANDARI
NIM : C0A019021
NAMA: NAFA
NIM : C0A019040
NIM : C0A017060
NAMA : ROZALINA NUR AZIZAH
Nama : Hilda Aprilia Perantika
Nim : C0A019022
NAMA : FAJAR UTAMI
NIM. : C0A019030
nama : Putri May Wulandari
nim : C0A019002
NIM : C0A017060
NAMA : ROZALINA NUR AZIZAH
C0A019029
Muhammad Hafiz Akbar
C0A019019
Muhammad Hafiz Akbar
C0A019005
Fajar Saputra
Nama: Herning Sellania Alitasari
NIM: C0A019041
SALSA ROJWA OKTAVIANA
C0A019008
Nama: zuffar adani adhitya
Nim. : C0A019029
Riska oktaviani putri nabila
NIM : C0A019042
NIM : C0A019043
NAMA : SAE NARESWARA
C0A019017
PUSPA SULISTIYANINGRUM
C0A019049
Farah Anggita Widyareny
NIM : C0A019013
Nama : Elok Anggraeni Nur Faikoh
SYAFAATUS SHOLEHAH
NIM C0A019054
C0A019028
Muhamad Afif Nugroho
Afda Ristin Filatilan
C0A019031
C0A019033
Rosma Indhayana W
C0A019045/Risang Rahhutomo
NAMA : FARAH ADISA RAHMAISNAINI
NIM : C0A019051
Nama: Muhammad Iqbal Fadhil Satriaji
NIM: C0A019037
Amalia Mega Pratiwi
C0A019012
C0A019023 – Arif Rakhmat Hidayat
Afda Ristin Filatilan
C0A019031
NAMA : ALDIDA MEGA MARTHAEN
NIM : C0A019046
Tsamrotul Hanifah
C0A019011
NAMA : AKROMATUN NISA
NIM : C0A019034
NIM : C0A019052
Nama : Nakula Dwihananda Hartyanto
Maaf pak NIM C0A019029
Itu salah
Yang benar C0A019019
C0A019047
Alvi Fadlillah Syahdiar
nama: ILHAM ABDUL WAHID
Nim: C0A019018
C0A019039 Zakaria