Perubahan serta perkembangan teknologi yang begitu pesat akan memberi dampak pada semakin cepatnya proses penciptaan produk baru, perubahan dalam rantai nilai serta peningkatan daya saing perusahaan. Kita dapat mendefinisikan teknologi sebagai kemampuan untuk dapat mengenali masalah-masalah teknis, konsep serta hal yang lainnya yang bersifat tangible yang dikembangkan untuk mengatsi masalah teknis serta kemampuan teknik mengekplor konsep serta hal tangible lain lebih efektif. Dengan adopsi teknologi serta inovasi teknologi adalah senjata yang hebat bagi industrialisasi, peningkatan produktivitas, mendukung pertumbuhan, serta meningkatkan standar kehidupan. Tajamnya tekanan pada kompetitif serta globalisasi telah memberikan dorongan kepada kita untuk melakukan inovasi, hal ini dikarenakan inovasi merupakan suatu tanda untuk sesuatu yang baru serta keberhasilan komersial.
Sekarang ini, peranan dari manajemen teknologi sabagai salah satu kunci agar dapat mencapai sebuah keberhasilan inovasi teknologi menjadi subyek yang sangat menarik. Meski telah banyak perhatian terhadap manajemen tekonologi beserta implementasi teknologi baru, akan tetapi masih banyak organisasi yang mengalami kegagalan untuk dapat mengelola tekonologi mereka dengan efisien, strategis serta efektif.
Teknologi yang ditemukan memiliki fungsi tertentu untuk setiap kalangan yang menggunakannya. Termasuk bagi perusahaan. Teknologi memiliki fungsi bagi perusahaan, yaitu untuk fungsi operasional. Dengan teknologi memungkinkan struktur organisasi menjadi lebih ramping karena hampir seluruh bagian perusahaan telah menggunakan teknologi dalam perusahaan tersebut.
Selain itu, teknologi juga memiliki fungsi planning dan decision. Dalam hal ini teknologi menjadi landasan knowledge generator dan alasan yang kuat bagi para pemimpin perusahaan untuk mengambil keputusan agar memiliki. Lagi, teknologi memiliki fungsi sebagai media komunikasi (communication) tiap individu perusahaan. Karyawan perusahaan dapat berinteraksi dengan perusahaan lain untuk berkolaborasi, dan sebagainya. Teknologi dalam fungsi communication ini juga dapat dijadikan sebuah media promosi kepada para pelanggan.
Bagi perusahaan, teknologi memegang peran sangat penting dalam mendukung proses bisnis. Teknologi dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan. Saat ini, umumnya kegiatan operasional perusahaan sudah ditopang teknologi informasi untuk mengurangi cara-cara manual yang bisa mempersulit kinerja karyawannya.
Berbagai aplikasi yang dikembangkan dari teknologi dapat digunakan oleh perusahaan untuk berbagai keperluan. Misalnya, aplikasi sistem akuntansi yang bisa membantu perusahaan dalam menghitung keuangan secara lebih akurat. Karyawan bagian keuangan tinggal memasukkan data-data keuangan, kemudia aplikasi tersebut mengolah data keuangan tersebut hingga menghasilkan laporan yang diinginkan perusahaan. Begitu pula aplikasi-aplikasi lainnya yang diperlukan perusahaan.
Teknologi juga berperan untuk mempermudah menjalankan aktivitas. Tentu saja, dengan mudahnya dalam mengakses teknologi, maka aktivitas pekerjaan yang dilakukan dengan teknologi tersebut pun terasa ringan dan mudah untuk dijalankan. Lagi, dengan memanfaatkan teknologi memungkinkan perusahaan bisa melakukan efisiensi. Karyawan bisa bekerja dengan lebih cepat, sehingga teknologi pun bisa menghemat waktu. Artinya, adopsi teknologi memungkinkan perusahaan bisa lebih efisien dan efektif
Download eBook
Silahkan download eBook Managing Technology and Innovation – Narayanan dengan klik gambar buku di atas, atau klik di sini. Hanya bisa didownload dari akun Unsoed.
Contoh Soal Multiple Choice
- Chapter 08 Multiple choice
- Chapter 09 Multiple Choice
- Chapter 10 Multiple Choice
- Chapter 11 Multiple Choice
- Chapter 12 Multiple Choice
- Chapter 13 Multiple Choice
- Chapter 14 Multiple Choice
- Chapter 15 Multiple Choice
PowerPoint:
- Chapter 01 Pendahuluan
- Chapter 02 Lingkungan Teknologikal
- Chapter 03 Proses Perubahan Teknologi – Inovasi
- Chapter 04 Proses Perubahan Teknologi – Difusi
- Chapter 05 Teknologi dan Persaingan
- Chapter 06 Inovasi Proses Rantai Nilai dan Organisasi
- Chapter 07 Intelijen Teknologi
- Chapter 08 Strategi Teknologi – Overview
- Chapter 09 Strategi Teknologi – Moda Kolaboratif
- Chapter 10 Apropriasi Teknologi
- Chapter 11 Penerapan di Produk Baru
- Chapter 12 Penerapan di Rantai Nilai
- Chapter 13 Pengorganisasian Inovasi
- Chapter 14 Strategi Kekayaan Intelektual
- Chapter 15 Penilaian dan Pendanaan Proyek
